Liburan ke Singapura. YAY!

Hola hola!

Sekian lama beristirahat dari menulis blog, I’m back!

Jadi kali ini tanpa panjang lebar gue mau bagi tips buat kalian yang mau liburan hemat ke Singapura a.k.a Xin Jia Po a.k.a Singapore a.k.a Negeri Seribu Satu Larangan, bukan gue yang bilang ya, emang kenyataan :p

Ini web untuk buka Peta / Map MRT Singapore, disarankan didownload dulu sebelumnya biar kalo ga beli kartu di sana ga perlu binggung cari wifi.

https://www.lta.gov.sg/content/ltaweb/en/public-transport/mrt-and-lrt-trains/train-system-map.html

Naik MRT ke tempat tujuan, terkadang perlu berganti jalur ke line warna lain. Jadi sebelumnya pastikan dulu arahnya mau kemana, pindah dan turun dimana, ke jalur apa. Kalau ada yang kurang dimengerti boleh ditanyakan ke petugas ya.
Beli Kartu MRT yang Ez-link untuk mempermudah kalau mau naik MRT tinggal TAP aja. Harga kartu baru 12SGD (5SGD non-refundable, 7SGD isi dalam kartu) bisa digunakan untuk Bus dan MRT. Selain itu disarankan bawa botol minum ya biar ga usah beli minum, karena air di singapore mahal jadi untuk yang kalo ga bisa minum dari keran langsung, bisa masak air dulu di hotel.

Gue juga mau bagi info beberapa larangan yang gue ingat selama berada disana yaitu:

1. Ga boleh nyebrang jalan sembarangan, harus di zebra cross. Ceritanya tante gue pernah dicegat polisi gara-gara nyebrang sembarangan, maklum kalo di Indonesia mau nyebrang tinggal liat kanan-kiri trus lari aja.

2. Ga boleh makan dan minum di MRT, dendanya cuy 500SGD (500 x 10.400 = Rp 5.200.000). Pernah ada yang makan permen juga kena denda. Jadi hindari aja makan apapun di SMRT/MRT ya.

3. Dilarang merokok di tempat umum ataupun di MRT. Gue kemarin pas kesana sempat liat orang ditangkap petugas hanya karena bawa rokok padahal ga dihisap atau dinyalakan rokoknya. Dendanya juga besar 1.000SGD (1.000 x 10.400 = Rp 10.400.000). Kebanyakan tempat di Singapura juga ga memperbolehkan merokok selain itu merokok juga ga baik buat kesehatan so jangan merokok ya guyss.

4. Ga boleh makan dan bawa permen karet. Ini uda peraturan lama dan semua supermarket disana ga ada yang jual permen karet, ada dendanya juga tapi gue lupa. Kalo yang ini mendingan jangan coba-coba ya.

5. Ga boleh meludah sembarangan ya guys apalagi dijalan, mendingan ditahan atau bawa plastik buat buang ludah.

6. Dilarang buang sampah sembarangan, ini ada dendanya juga. Ini di Indonesia juga ga boleh sih, cuma ada aja yang melanggar ๐Ÿ˜ค

Ini beberapa yang gue ingat dan menurut gua penting untuk diketahui. Nilai denda cukup besar jadi mendingan jangan melakukan pelanggaran ya disana. Ntar belum jalan-jalan uda abis uangnya bayar denda ๐Ÿ˜….

Lanjut ke bagian jalan-jalan, kemarin karena perjalanan cukup singkat dan dipenuhi dengan acara belanja-belanja jadi ini tempat jalan-jalan yang sempat gue kunjungi, antara lain :

1. Garden By The Bay (GBTB)
Untuk ke GBTB naik MRT lalu turun di Stasiun Bayfront ambil Exit B nanti ada petunjuk dan namanya, ikutin aja jalannya sampai nanti keluar di GBTB. Masuk ke GBTB free ya, bayar hanya kalau naik Shuttle, naik ke OCBC Skyway, masuk ke Flower Dome dan Cloud Forest. Setiap hari disini akan ada pertunjukkan Garden Raphsody di bagian Supertrees (nongkrongnya di salah satu dari 3 pohon yang ada OCBC Skyway ya, biar pas nonton pertunjukkan dapat pemandangan paling bagus dan bisa tiduran di tempat duduknya). Pertunjukkan jam 7.45 malam dan jam 8.45 malam. Lama pertunjukkan sekitar 30-40 menit. Disarankan datang lebih cepat sekitar jam 5-5.30 sore untuk bisa mendapatkan spot nonton pertunjukan yang baik.

2. Marina Bay Sands Mall (MBSM)
Dari Garden By The Bay, jalan aja ke Marina Bay Sands Mall. Disana ada Casino, Food Court, Victoria Secret, dll. Disini rata-rata barangnya branded, jadi kalo ga mau belanja langsung aja jalan ke Hallnya terus bisa turun tangga untuk ke tempat duduk lesehan. Waktu pertunjukan jam 8 malam dan 9.30 malam di hari Minggu, Senin, Selasa, Rabu, Kamis. Untuk hari Jumat dan Sabtu, ada tambahan pertunjukan jam 11 malam. Dari MBSM bisa langsung ke MRT ikuti aja petunjuknya yang gambar MRT, ntar sampe deh di stasiun Bayfront.

3. Haw Par Villa
Untuk ke sini tinggal naik MRT ke Stasiun Haw Par Villa, stasiun MRT di sebelah tempatnya jadi gampang dicari. Gratis untuk masuk dan foto, tempatnya luas dan berisi patung-patung serta ada ceritanya. Sebaiknya di kunjungi pagi atau sekitar jam 3 sore, agar tidak panas saat foto-foto.

4. OG Albert Shopping Mall, Bugis street, Bugis Junction.

Buat yang suka belanja, wajib singgah disini ya. Pas itu lagi promo di OG jadi dapat tas yg bagus cuma 10SGD, trus disekeliling OG juga ada stand yang jualan baju, dll. Di bugis juga murah-murah buat belanja. Cara kesini cukup naik MRT ke Bugis, sampe deh.

5. Johor Bahru :
Dari Singapore ke Johor Bahru bisa naik MRT ke stasiun Kranji, lalu nanti jalan keluar ke tempat perhentian bus. Naik bus 170 jurusan Johor Bahru. Lalu nanti bus bakal berhenti di Imigrasi Singapura, turun antri cap paspor lalu setelah cap paspor naik lagi ke bus yang sama buat di antar ke Imigrasi Malaysia untuk cap paspor. Kalau mau ke Johor disarankan sih jangan di hari Sabtu atau Minggu ya, karena orang Singapura juga suka ke Malaysia buat jalan-jalan atau belanja karena lebih murah daripada di Singapura. Jadi Imigrasi bakal penuh tuh. Antrinya panjang banget. Hehe. Keluar imigrasi Malaysia bisa langsung ke JB Sentral itu juga terhubung ke mallnya. Jadi bisa langsung jalan-jalan. Ga harus nginap ya di Johor karena pergi pagi pulang jam 8 malam juga uda puas tuh belanja di JB Sentral Mall.

Jadi kurang lebih begitulah Short Escape gue ke Singapore, bila ada pertanyaan mengenai trip dan lain-lain. Boleh ditanyakan dikolom Komentar.

Saranghae~~~๐Ÿ’œ

Advertisements

Kalau Jodoh Gak Kemana

Mungkin suatu hari gue akan tertawa melihat post ini. Tapi ini adalah hal yang sedang gue pikirkan sekarang. Orang selalu bilang, jodoh gak kemana. Sebenarnya kita sendiri ga tau apakah jodoh itu ada. Ada orang yang sekali lihat dan dia tau jodohnya siapa dan apa yang membuat mereka berjodoh. Tapi kenapa banyak juga orang yang sudah merasa berjodoh tapi ternyata akhirnya tidak menjalin hubungan.

Apa jodoh itu kita yang tentukan sendiri atau di tangan Tuhan? Pernah sekali kita sayang banget sama seseorang, tapi ternyata kita hanya di permainkan oleh seseorang itu. Hidup memang nggak seindah Cerita Dongeng. Dimana pangeran bertemu putri, mereka jatuh cinta lalu hidup bahagia selamanya. Tapi apakah sekali kita dipermainkan, kemudian cinta tidak akan pernah hadir dalam hidup kita? Ataukah memang kita harus dipermainkan oleh cinta dulu agar kita mendapat pengalaman sebelum menjalin sebuah hubungan cinta yang sesungguhnya?

Dulu gue pernah hampir menjalin hubungan serius dengan seseorang. Kedewasaan dan sikap baik dia ke gue dan keluarga gue buat gue makin kagum. Gue sayang sama dia dan dia juga perhatian dan baik ke gue. Tapi ternyata dia cuma seorang playboy. Sakit hati dan kesedihan gue, gue lampiaskan dengan meninggalkan kota di mana sahabat gue berada. Terkadang gue suka mikir, bukannya gue gagal move on. Tapi kenangan dengan dia, perlakuan dia dan perasaan yang gue rasakan ke dia, kadang bikin gue kangen sama dia. Tapi kalau sekarang dia datang dan kembali ke gue, gue menolak. Karena menurut gue, seseorang yang selingkuh dan tidak menyesal, tidak akan berubah dan akan mengulangi perbuatan dia lagi.

Gue jadi lebih berhati-hati dalam memilih orang yang deket sama gue. Tapi jaman sekarang gua suka heran sama orang yang selalu kepo jodohin orang. Kenapa coba harus kepo jodohin org? Apa gue sebagai Single Happy *menurut gue* harus di pusingkan dengan orang yang selalu menyuruh gue untuk cepat cari pacar dan menikah? Apakah salah kalau kita hanya manusia yang ingin menikmati hidup kita dan melakukan apa yang ingin kita lakukan dan bertemu dengan banyak orang dan menjalin pertemanan?

Saat gue denger lagu Afgan yang ‘Jodoh Pasti Bertemu’, gue suka membayangkan apa yang akan gue lakukan saat gue ketemu jodoh gue? Apakah gue akan meyadarinya? Apa dia akan menyadari gue jodoh dia? Apakah kisah cinta kita akan seperti Melodrama? Actiondrama? Apakah akan muncul getaran rasa cinta? Yang pasti cinta tidak sesimple berbicara. Cinta pada pandangan pertama tanpa dipupuk dengan kasih sayang dan pengertian tentu tidak akan bertahan lama. Cinta yang sudah terjalin bertahun-tahun saat kehilangan perhatian dan kasih sayang tentu hanya tinggal sebuah kebiasaan.

Halo dunia!

Karena ini adalah tulisan pertama saya. Saya masi benar-benar binggung apa yang harus saya tuliskan. Karena saya sering berpikir, bagaimana bila apa yang saya pikirkan di ketahui orang lain. Yah.. Saya sering membayangkan apa yang akan terjadi kalau semua manusia dapat membaca atau mendengar kata hati atau pikiran orang lain. Setiap saya menonton film yang memperlihatkan hal tersebut seperti Edward Cullen ‘Twilight’, saya berpikir hal itu cukup mengganggu dan membuat dunia sedikit damai. Mengganggu karena tidak ada lagi saat kita kebinggungan bagaimana menjaga perasaan orang lain. Karena semua akan terdengar. Juga membuat dunia sedikit damai karena semua orang akan berkata jujur dan saat mereka bohong akan ketahuan. Kenapa manusia sangat ingin mengetahui apa yang orang lain pikirkan? Itu masih menjadi pertanyaan yang saya pikirkan dan saya dalami. Mungkin karena itu saya memilih kuliah di Jurusan Psikologi. (mungkin akan saya ceritakan di blog selanjutnya๐Ÿ˜€)

Saat menulis blog ini saya menyadari saya hanya ingin berbagi, bahkan terhadap hal kecil yang tidak penting menurut orang lain. Karena menurut saya, sudut pandang orang lain sangat berbeda dengan sudut pandang saya. Saya juga penasaran bagaimana menulis blog dan membagikan apa yang saya lihat dan ketahui. Karena itu blog ini saya beri nama Thinking Out Loud Wiguna. Bagi kalian yang menyukai lagu-lagu Ed Sheeran dan menyadari blog saya memiliki nama yang sama dangan judulnya. Yap, memang saya sangat menyukai musik. Menurut saya, musik bukan hanya mengetahui apa yang kita dengar, tapi apa yang kita rasakan saat mendengar lagu tersebut. Tapi, saya benar-benar orang yang sangat mudah bosan. Seingat saya, saya hanya mendengar lagu favorit saya paling lama 2 minggu kemudian saya akan berhenti mendengarkan dan berganti dengan lagu lain. Hal itu cukup menjengkelkan bagi saya sendiri. ๐Ÿ˜ Karena sering kali saya bosan setengah mati ketika tidak ada lagu baru yang saya sukai. Setelah ini saya berharap pemikiran saya yang tidak penting ini dapat dibaca dan tidak perlu dipahami terlalu mendalam. Karena kita juga tidak akan benar benar memahami apa yang orang lain pikirkan bukan?